Blog

6 December 2019

Bagian – Bagian Dinamo Listrik

Dinamo listrik merupakan perangkat elektromagnetik yang berfungsi untuk memutar impeller pompa, fan, blower dan penggerak kompresor. Tidak hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari alat ini dapat kita jumpai seperti pada kipas angin, mixer dan bor listrik. Di dalam mesin dinamo listrik terdapat komponen-komponen penting penunjang kerja mesin.

Berikut bagian-bagian dinamo listrik tersebut, yaitu :

Stator

Santor merupakan komponen utama dalam motor listrik, bagian ini berfungsi menghasilkan medan listrik disekitar rotor. Bagian sator ini adalah bagian motor yang bersifat statis (tidak bergerak). Semakin banyak jumlah kumparan maka akan semakin besar medan magnet yang dihasilkan.

Rotor

Jika stator bersifat satatis, berbeda dengan rotor yang bergerak dan kecepatan geraknya disesuaikan dengan jumlah liltan kawatnya. Semakin besar jumlah lilitan maka akan semakin besar juga hasil putarannya. Selain itu putarannya dapat diperbesar dengan menggunakan kawat email agar mendapatkan panjang kawat secara maksimal.

 Brush

Brush merupakan bagian sikat tembaga yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dengan rotor. Gesekan antara rotor utama kecil dengan brush ini akan menghantarkan arus listrik secara berkelanjutan sehingga menyebakan putaran motor menjadi sinkron.  Umumnya motor listrik dilengkapi dua buah sikat yang akan meyuplai arus listrik dan masa pada rotor coil. Jika brush tidak dibersihkan akan menyebabkan arus listrik terhambat dan mati karena adanya kerak.

Main Shaft

Main shaft berperan sebagai poros tampat menempelnya berbagai peralatan yang harus digerakan, oleh sebab itu bagian ini merupakan salah satu komponen utama pada dinamo listrik. Contohnya bisa dilihat pada baling kipas angin yang ingin digerakan, maka baling tersebut harus dihubungkan pada main shaft (poros). Main shaft sebaiknya terbuat dari bahan alumunium yang anti karat serta konsisten dalam suhu dan putaran tinggi.

Bearing

Bearing berfungsi sebagai bantalan antara permukaan poros dengan motor housing. Dengan menggunakan bearing akan membuat putaran yang dihasilkan motor listrik berlangsung secara mulus. Bahan bearing yang baik pada motor listrik sebaiknya yang memiliki gaya gesek kecil agar tidak menghambat putaran motor.

Drive Pulley

Bagian ini digunakan untuk menggerakan alat tertentu dengan dinamo listrik. Drive pulley berperan untuk mentransfer putaran motor ke motor lain, seperti pada kipas angin. Komponen ini berbentuk gear (pulley).

Motor Housing

Motor housing berfungsi sebagai pelindung luar dari komponen yang ada dalam dinamo. Selain itu bagian ini berfungsi juga untuk melindungi pengguna dari resiko bahaya putaran motor yang tinggi.

Baca juga : Mengenal dinamo listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cart
WhatsApp Please Chat With Us For More Info About Orient