Blog

6 December 2019

Cara Mempertajam Mata Rantai Gergaji Mesin

Gergaji mesin merupakan alat yang berfungsi untuk memotong benda kerja dalam jumlah banyak. Gergaji yang tajam akan sangat menunjang pekerjaan anda menjadi lebih efisien waktu, hemat tenaga dan aman saat digunakan. Kondisi mata gergaji yang tumpul akan berdampak pada hasil yang tidak rapi.

Berikut tips untuk mempertajam mata rantai gergaji mesin :

  1. Gunakan batu asah berputar atau bisa juga menggunakan kikir gergaji yang sesuai dengan gigi gergaji. Gunakan batu asah yang sesuai dengan diameter gergaji anda.
  2. Bersihkan gergaji secara menyeluruh. Gunakan air bersih atau sabun detergen untuk membersihkan gergaji dari minyak, debu dan kotoran.
  3. Hindari menggunakan mata gergaji yang sudah berkarat, rusak atau hancur agar tidak terjadi kecelakaan saat bekerja. Sebaiknya bagian piring atas memiliki panjang 1,5 cm karena jika kurang dari itu beresiko gergaji patah saat digunakan.
  4. Apitlah gregaji anda dengan kencang/kokoh dan atur gergaji  diatas lapisan yang keras. Pada saat digunakan mata gergaji harus stabil dan pisaunya harus kokoh menahan bagian luar gergaji.
  5. Aturalah kikir sederajat dengan bagian depan pemotong. Pada bagian depan gigi pemotong lengkungan harus terpasang sempurna.
  6. Tahan kikir dengan sudut yang sama. Beberapa gergaji memiliki tanda lihat sebagai patokan visual. Pastikan untuk mencocokan sudut asli dari rantai gergaji umumnya. 
  7. Gunakan gerakan memutar secukupya untuk menghentikan chip besi yang akan dipindahkan. Umumnya kikir di tekan dari sisi pendek kebagian yang lebih panjang, dengan kiat ini akan menghasilkan permukaan potong yang lebih halus.
  8. Tariklah rantai menggunakan tangan dan pastikan gigi gergaji berada dibagian atas batang gergaji.
  9. Periksalah pengukur kedalaman, berikan ruang di tepian pemotong sekitar sepersepuluh inch lebih rendah dari pemotong.
  10. Gunakan gilingan kikir baja datar untuk mengasah reker bagain dalam gauge yang terhubung dengan pemotong.
  11. Lumasi rantai gergaji dengan minyak pelumas dan periksa tekanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cart
WhatsApp Please Chat With Us For More Info About Orient