Apa Itu Mesin Serba Guna ?

Apa Itu Mesin Serba Guna ?

Motor bakar atau yang biasa kita sebut pada umumnya yaitu mesin serba guna biasa digunakan sebagai jantung utama dari alat - alat berikut :

  1. Alat - alat teknik seperti kompresor, genset, penggiling cabai, pemarut kelapa, pemipil padi, pemipil jagung dll. 
  2. Alat transportasi darat seperti gocar, becak motor, Dll.
  3. Alat transportasi laut seperti long tyle boat atau biasa kita sebut ketinting,  biasa di gunakan oleh para nelayan untuk mengangkut hasil bumi atau juga sebagai alat transportasi perairan. 

Mesin serba guna di bedakan dari bahan bakarnya yaitu mesin serba guna dengan bahan bakar bensin, mesin serba guna berbahan bakar diesel dan mesin serba guna berbahan bakar dual fuel. 

Mesin Serbaguna Diesel merupakan mesin pembakaran internal dimana penyalaan bahan bakar yang disuntikkan ke dalam ruang bakar disebabkan oleh suhu udara yang meningkat di udara dalam silinder karena kompresi mekanis (kompresi adiabatik). Alat ini bekerja hanya dengan mengompresi udara. Hal ini meningkatkan suhu udara di dalam silinder sedemikian tinggi sehingga bahan bakar diesel yang disuntikkan ke dalam ruang pembakaran menyala secara spontan. Ini kontras dengan mesin penyalaan yang menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas (menggunakan bahan bakar gas), yang menggunakan busi untuk menyalakan campuran udara bahan bakar.

Mesin Serbaguna Bensin merupakan mesin yang menggunakan udara yang dicampur dengan bahan bakar bensin untuk menghasilkan tenaga. Pada mesin bensin, umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke ruang bakar, pencampuran udara dan bahan bakar dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. Bahan bakar yang becampur udara mengalir kedalam ruang bakar dan dikompresikan dalam ruang bakar, kemudian dipercikan bunga api listrik yang berasal dari busi. 

Mesin serba guna berbahan bakar bensin terbagi menjadi dua kelompok, yaitu :

      1. Mesin bahan bakar 2 tak (memerlukan dua langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran).
      2. Mesin bahan bakar 4 tak (memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran).

Namun pada era saat ini banyak masyarakat yang sudah menggunakan 4 tak. Begitu pula dengan Loncin memiliki beberapa tipe untuk mesin serbaguna dengan bahan bakar bensin 4 tak.

Baca juga !!

“Mengenal Komponen Mesin 4 Tak Dan Fungsinya”

Istilah yang sering di gunakan pada mesin serba guna :

Horse Power (HP) = Sebuah unit pengukuran kemampuan mesin untuk mengangkat sebuah beban dalam sebuah rentang waktu tertentu. Pada jaman dahulu istilah horse power sering digunakan untuk membandingkan performa mesin uap dan kemampuan tarikan kuda. 1 HP = kurang lebih 745 Watt. Isi Silinder (cc) = Mengacu kepada volume dari ruang pembakaran. Dihitung dengan mengambil diameter, langkah dan isi silinder sebuah mesin.

Perbandingan Rasio Kompresi Mesin Serbaguna = nilai yang mengacu kepada perbandingan antara jumlah campuran udara dan bahan bakar yang bisa ditampung silinder mesin saat kosong dibandingkan dengan volume silinder saat ditekan oleh piston. Mesin diesel biasa mempunyai ratio kompresi yang lebih tinggi.

Torsi (N.m/RPM) = Kemampuan mesin untuk menggerakkan mesin dari kondisi tidak bergerak sampai dengan berjalan. Umumnya Torsi mengacu kepada hentakan atau akselerasi awal. Bisa disimpulkan bahwa mesin yang memiliki torsi yang besar di rpm rendah berarti memiliki akselerasi yang besar. Seperti contohnya (Mesin serbaguna Loncin dengan putaran lambat memiliki akselerasi yang lebih besar dan umumnya dipakai untuk menggerakkan perahu). Satuan yang umum diapakai adalah N.m

Cara memilih mesin serbaguna yang sesuai :

Pemilihan mesin serbaguna yang benar adalah berdasarkan dari tujuan dari penggunaan mesin serbaguna tersebut. Apakah untuk di-couple diperuntukkan untuk menggerakkan mesin lain atau untuk menggerakkan sebuah sarana transportasi. Pada umumnya sebuah mesin serbaguna dipilih berdasarkan dari Daya dan Torsi yang dihasilkan sehingga bisa secara optimal menggunakan sebuah mesin lainnya.

Loncin memiliki dua jenis mesin serbaguna yang berbeda dari segi dudukan dan putaran crankshaftnya (as) sehingga memiliki fungsi penggerak yang berbeda.

Mesin Horizontal yang umumnya digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin seperti generator, pompa air irigasi, mesin pembajak dan alat konstruksi.

Engine Horizontal

Mesin Vertical adalah mesin serbaguna Loncin yang memiliki output shaft / output crankshaft yang didesain secara vertical (mengarah ke bawah) seperti :

Engine Vertikal

Baca juga !!

Itu lah informasi mengenai mesin serbaguna, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat semua. Untuk lebih lengkapnya sobat bisa kunjungi website kami di orient.co.id. Sampai jumpa di artikel selanjut nya. Salam teknik !!

 


Artikel populer