Bagaimana Cara Menentukan Oli Yang Tepat?

Bagaimana Cara Menentukan Oli Yang Tepat?

Tangerang - Orient.Teknik, Banyak orang beranggapan bahwa semua jenis oli pada dasarnya sama. Tapi tahukah Kamu, penggunaan oli itu bisa berbeda2 tergantung pada mesin yang kamu gunakan dan ada beberapa faktor yang mengharuskan kita tepat dalam memilih oli demi menjaga kualitas mesin. Oli yang tidak sesuai dapat merusak mesin, menurunkan performa, dan meningkatkan konsumsi bahan bakar lho! 

Salah satu faktor yang harus diperhatikan yaitu kondisi iklim. Kondisi iklim sangat mempengaruhi kekentalan oli yang dibutuhkan. Di daerah yang sangat dingin, oli yang lebih encer (misalnya 5W-30) mungkin lebih baik karena dapat mengalir lebih mudah saat suhu rendah. Sebaliknya, di daerah yang sangat panas, oli yang lebih kental (misalnya 20W-50) dapat lebih baik untuk menjaga viskositas saat mesin beroperasi pada suhu tinggi.

Nah, Indonesia termasuk dalam iklim tropis. Suhu di Indonesia relatif konstan sepanjang tahun, berkisar antara 25°C hingga 30°C. Kelembaban di Indonesia cenderung tinggi sepanjang tahun, sering kali mencapai 70-90%.

Dengan iklim tropis ini, oli mesin dengan viskositas sedang, seperti 10W-30 yang sering kali direkomendasikan karena dapat memberikan perlindungan yang baik dalam suhu hangat dan kondisi operasi normal di Indonesia.

Nah, adri pemaparan di atas mimin punya rekomendasi Oli yang wajib digunakan untuk mesin kamu!

Oli Benzini dari Orient Oil, adalah oli dengan tipe SAE 10W-30 yang ideal untuk iklim Indonesia, karena mudah mengalir saat dingin, sehingga tarikan mesin lebih ringan dan hemat bahan bakar

Kenapa harus pakai Orient Oil Benzini?

Oli Benzini mengandung Logam, Alkali Magnesium, Zinc & Calcium yang dapat menjaga piston dan blok mesin dari gesekan yang dapat merusak mesin. Orient Oil Benzini 10W-30 adalah Oli dengan seri API-SL yang di mana jenis oli tersebut memenuhi standar API (American Petroleum Institute) untuk performa mesin bensin. API-SL merupakan salah satu klasifikasi dalam sistem klasifikasi API yang menunjukkan tingkat kinerja dan kualitas oli. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai API-SL:

Makna API-SL

  • API (American Petroleum Institute): Lembaga yang menetapkan standar untuk kualitas oli.
  • S: Mengindikasikan bahwa oli ini dirancang untuk mesin bensin. (Jika untuk mesin diesel, kode ini dimulai dengan "C", misalnya API-CI, API-CK).
  • L: Merupakan kode yang menunjukkan tingkat kinerja oli dalam sistem API. Urutan huruf ini dimulai dari A dan semakin tinggi hurufnya, semakin tinggi pula standar kinerja oli tersebut.

Menggunakan oli dengan klasifikasi API-SL berarti Anda menggunakan oli yang memenuhi standar performa yang telah ditetapkan oleh American Petroleum Institute untuk mesin bensin yang diproduksi mulai tahun 2001 dan seterusnya. 

Oli Benzini dari Orient Oil, memberikan performa yang konsisten di berbagai kondisi operasi. Oli yang memenuhi standar API telah melewati berbagai pengujian kualitas yang ketat untuk memastikan bahwa oli tersebut memenuhi atau melampaui persyaratan kinerja tertentu. Hal ini menjamin bahwa oli memiliki kualitas yang sesuai dengan standar.

Segera kunjungi orient.co.id atau hubungi nomor 081703792468.

Nah itu dia, Informasi mengenai Oli Benzini dari Orient Oil dengan keunggulannya. Dari semua pemaparan diatas, semoga artikel ini sangat membantu. Terus nantikan artikel-artikel terbaru dari kami mengenai edukasi alat teknik anda. Sampai berjumpa kembali. 


Artikel populer