AC 1 Pk, Pakai Genset Yang Berapa Watt?

AC 1 Pk, Pakai Genset Yang Berapa Watt?

Tangerang - Orient.Teknik, Bingung menentukan berapa daya Genset yang harus digunakan? Sebelum membeli Genset sebaiknya hitung terlebih dahulu kapasitas daya genset yang diperlukan agar kapasitas genset yang dibeli tidak terlalu rendah karena dapat mengakibatkan genset tidak berfungsi dengan maksimal.

Idealnya daya listrik genset harus lebih besar 30% dari total daya listrik kebutuhan kita

Bila anda bertanya mengapa harus mencari genset yang memiliki daya 30% lebih besar dari kebutuhannya. 

Jawabannya ada dua, yaitu : 

  1. Agar genset kita tidak lekas rusak dan memiliki daya lebih 30% yang akan dijadikan sebagai power backup.
  2. Agar ketika anda meningkatkan penggunaan listrik karena faktor tertentu, tentunya anda tidak perlu lagi mengganti atau membeli genset lagi untuk mengatasi hal ini. 

Andai kata anda memiliki genset dengan daya yang sesuai atau pas dengan kebutuhan anda, lalu bila suatu saat akan ada penambahan menggunakan listrik, tentunya genset tersebut tidak bisa digunakan, hingga akhirnya anda harus membeli genset lagi.

CONTOH :

Kira-kira berapa daya genset yang harus dimiliki untuk dapat membackup 1 AC dengan kapasitas daya 1 pk?? 

Mari kita tentukan terlebih dahulu Tipe AC yang digunakan. Secara umum, Tipe AC terbagi menjadi 3 yaitu AC standard (non-inverter) dengan kapasitas 1 pk yang membutuhkan konsumsi daya listrik sebesar 840 Watt, AC Low Watt mengkonsumsi daya listrik sebesar 660 Watt, dan AC Inverter mengkonsumsi daya listrik sebesar 225-920 Watt.

Jika pada penggunaan Genset hanya untuk membackup seluruh daya listrik dari AC tersebut, maka biasanya kapasitas genset yang diperlukan adalah 2x beban AC yang ingin anda pakai, misalnya apabila anda menggunakan 1 unit AC 1 pk standard (non-inverter), maka perhitungannya adalah 840 watt x 2 = 1.680 watt, berarti anda perlu memiliki genset dengan kisaran kapasitas daya 1.800-2000 watt.

Jadi kesimpulannya adalah tentukan kebutuhan daya listrik yang anda butuhkan. Hal ini perlu dilakukan agar produk genset yang anda dapatkan dipastikan daya yang dihasilkan setara atau lebih dari jumlah daya listrik yang akan anda gunakan.

Nah, selain menentukan kebutuhan daya listrik. Yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah tentukan brand dari genset itu sendiri. Patikan bahwa produk tersebut memberikan pelayanan service hingga dapat berkonsultasi ketika terjadi keluhan, kemudian perhatikan apakah produk tersebut bergaransi atau tidak, dan belilah genset di toko yang terpercaya.

Generator Set (Genset) LONCIN telah dipercaya sebagai back-up power dengan mesin handal yang mampu memenuhi kebutuhan anda, dari aplikasi yang ringan hingga berbagai bidang di Indonesia. Memiliki banyak varian Daya, mulai dari 1000 watt - 17000 watt. Memberikan garansi selama 18 bulan dan memiliki tim teknisi yang terlatih.

Nah pas banget untuk full backup AC 1pk standart yang mengkonsumsi daya listrik sebesar 840 watt, Genset LONCIN punya 2 varian daya 1.800-2000 watt. 

*Untuk daya 1800 watt kita punya Genset Inverter dari LONCIN, 

Generator Genset 2000i merupakan genset dengan model jinjing ini mengusung portabilitas yang tinggi sehingga mudah untuk dibawa-bawa terutama untuk aktifitas diluar seperti berkemah. Desain yang ringkas dengan struktur kedap suara membuat suara Genset ini sangat sunyi dan sangat tidak berisik. Genset dengan teknologi inverter ini memastikan kestabilan voltase listrik sehingga barang-barang elektronik anda awet dan terjaga.

*Generator Loncin LC2900J 

Merupakan Genset open dengan daya maksimum 2000 Watt, bentuknya yang menarik dan elegan serta kokoh, sangat cocok digunakan di rumah maupun di tempat kerja. Memiliki harga yang relatif jauh lebih rendah dari genset inverter genset ini bisa jadi pilihan andalan sobat semua.

Jika kamu berminat untuk memilikinya silahkan konsultasikan kebutuhan anda pada kami. Dari semua pemaparan diatas, semoga artikel ini sangat membantu. Terus nantikan artikel-artikel terbaru dari kami mengenai edukasi alat teknik anda. Sampai berjumpa kembali. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengakses website kami www.orient.co.id


Artikel populer