Kenali Genset dan Fungsinya

Kenali Genset dan Fungsinya

Perkembangan properti dan industri sudah semakin pesat, membuat pasokan listrik pada beberapa wilayah menjadi sedikit berkurang, hingga mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik. Pemadaman listrik pun dilakukan secara berkala dan dilakukan bergantian pada wilayah yang berbeda dan seringkali pemadaman listrik secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan.

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang diperlukan oleh manusia. Tanpa adanya daya listrik, aktivitas bisa menjadi terganggu karena sebagian aktivitas pekerjaan yaitu menggunakan listrik. Bayangkan jika mesin pabrik tidak dapat beroperasi, pelayanan hotel tidak bisa berjalan, maka banyak perusahaan bisa merasakan kerugian hingga mencapai milyaran rupiah. Begitu pula dengan kegiatan dalam rumah, mengingat siapa yang ingin listrik PLN di rumahnya mati tanpa alasan jelas dan menghalangi setiap kegiatan penghuni rumah tersebut

Setiap orang pasti pernah berpikir untuk menyediakan listrik cadangan, karenanya membeli genset adalah solusi tepat untuk masalah anda. Dengan membeli genset dirasa tidak akan menimbulkan kerugian atau efek negatif bagi pemiliknya. Karena ada banyak manfaat yang didapat saat anda memiliki genset untuk rumah anda sendiri. Manfaat utamanya yaitu anda tidak perlu lagi bergantung pada listrik PLN dan dapat terus tersambung dengan listrik yang diproduksi oleh genset milik anda sendiri. Tidak perlu cemas atau khawatir karena semua sudah pasti aman.

Apa Itu Genset ?

Genset (generator set) adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik jika pasokan listrik yang ada sedang mengalami gangguan, atau dijadikan sebagai sumber listrik ketika tidak ada pasokan listrik. Disebut sebagai generator set karena genset terdiri dari satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator. Genset memiliki fungsi - fungsi yang sangat mendukung untuk segala kegiatan apapun.

Berikut fungsi - fungsi Genset :

1. Sumber Daya Listrik Darurat

Terutama untuk layanan publik yang vital seperti pada rumah sakit digunakan untuk menjaga supaya peralatan medis bisa tetap digunakan dalam kondisi darurat sekalipun. Tanpa adanya genset, rumah sakit tidak bisa dapat beroperasi dalam kondisi darurat dan dapat membahayakan nyawa dari pasien yang ada.

2. Sumber Daya Listrik Cadangan

Apabila di kawasan rumah tinggal anda sering terjadi pemadaman listrik, generator bisa menjadi sebuah investasi yang bijaksana. Dengan mengandalkan genset, anda tetap bisa beraktivitas secara normal di rumah meskipun sedang terjadi pemadaman listrik berkala.

Genset juga bisa memberikan pasokan daya tambahan. Hal ini sangat penting apabila anda ingin mengadakan suatu acara, namun pasokan listrik yang tersedia kurang memadai untuk menjalankan berbagai peralatan untuk acara tersebut.

3. Listrik untuk Berbagai Keperluan Rekreasi

Apabila anda senang melakukan kemping, genset portable bisa memberikan anda daya listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan lampu, hingga mengisi ulang baterai perangkat elektronik.

4. Mencegah Kerusakan Alat Elektronik

Penting banget nih buat ibu2 dirumah, Beberapa alat elektronik seperti cooler box dan kulkas bisa cepat rusak apabila daya listrik yang ada sering terputus. Anda bisa mencari genset yang memiliki delay waktu rendah untuk memastikan alat elektronik tidak kehilangan daya saat terjadi pemadaman listrik.

Selain sebagai sumber energi listrik sementara, genset juga memiliki manfaat lain berdasarkan jenis-jenis genset tersebut. Yuk guys kita kenali lebih dalam apa saja jenis – jenis genset.

Baca juga artikel ini: https://orient.co.id/blogs/blog/jenis-generator-set

Nah itu dia, Informasi mengenai Genset. Dari semua pemaparan diatas, semoga artikel ini sangat membantu. Terus nantikan artikel-artikel terbaru dari kami mengenai edukasi alat teknik anda. Sampai berjumpa kembali. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengakses website kami www.orient.co.id





Artikel populer