Mengenal Alat Stamper Untuk Pemadatan Tanah

Mengenal Alat Stamper Untuk Pemadatan Tanah

Stamper atau yg sering disebut dengan tamping rammer merupakan alat yang digunakan untuk proses pemadatan tanah. Dengan menggunakan alat ini proses pemadatan menjadi lebih singkat. Dapat digunakan untuk memadatkan tanah timbun maupun tanah kohesif, namun umunya digunakan dalam pekerjaan memadatkan jalanan, halaman dan pekerjaan pemadatan tanah timbun lainnya.

Seiring perkembangan, alat ini tersedia dalam bentuk, model dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Namun memiliki bagian dan cara kerja yang sama. Umumnya alat ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar dan sumber tenaganya.

Bagian – bagian mesin tamping rammer :

1. Mesin

Bagian ini dirancang sedemikian rupa sebagai sumber tenaga yang berfungsi untuk mengubah rotasi roda gigi untuk mendapatkan gerakan secara vertical dan timbal balik.

2. Bingkai Pelindung Dan Pegangan Pengarah

Bagian ini merupakan alat luar yang di rancang untuk melindungi mesin. Umumnya terdapat pegangan besi yang bisa di pegang mekanik agar dapat mengarahkan alat ke area yang ingin dipadatkan.

3. Kaki Hentak

Merupakan bagian alat yang di desain utuk melanjutkan gerakan vertical timbal balik mesin. Pegas yang terpasang akan bergerak naik turun dan terjadi penumbukan dengan tenaga yang besar ke permukaan yang ingin di padatkan.

4. Plat Tumbuk

Bagian alat ini terdapat dibawah kaki hentak yang langsung berhubungan dengan permukaan tanah yang ingin dipadatkan.

Pemeliharaan dan Penyimpanan Alat Stamper

Rawatlah mesin stamper secara berkala dan komponen – komponen lainnya yang menunjang kerja mesin. Terutama lakukan pemeriksaan dan perawatan pada saluran bahan bakar serta lakukan pelumasan terhadap mesin dan kaki penghentak.

Pada saat hendak menyimpan mesin stamper, pastikan tabung minyak dalam keadaan kosong. Di anjurkan untuk melakukan penyimpanan di tempat kering dan agak dingin agar kondisi mesin tidak lembab sehingga tidak ternjadi karat. Buatlah rak penahan agar alat tersimpan dalam keadaan tetap berdiri. Hindari senggolan dan benturan agar alat tidak terjatuh.

Baca juga : Cara menggunakan mesin stamper


Artikel populer