Tips Jitu Membuka  Peluang Usaha Cuci Steam Motor

Tips Jitu Membuka Peluang Usaha Cuci Steam Motor

Saat ini, setiap orang berlomba - lomba mencari peluang rejeki dari berwirausaha, Wirausaha itu sendiri ialah individu atau orang yang menciptakan suatu bisnis sendiri, kemudian menanggung sebagian besar resiko serta menjadi orang yang menikmati keuntungan dari hasil usaha yang dirintisnya tersebut.

Nah, salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal yang cukup rendah adalah Usaha Cuci Steam Motor, Mengapa? Dilihat dari tingginya angka kepemilikan kendaraan, mobilitas kesibukan, belum lagi jika harus mencuci transportasi sendiri butuh banyak air dan tenaga, sungguh melelahkan bukan?? Dirasa usaha ini sangat konsisten jika disebut sebagai usaha yang menjanjikan.

Namun ada hal – hal yang penting dan harus dipersiapkan juga diperhatikan agar usaha tersebut bisa berjalan dengan sebagai mana mestinya, yuk kita simak penjelasannya, sebagai berikut :

1. Pelajari terlebih dahulu cara mencuci motor yang benar

  •      Pastikan mesin motor dalam suhu rendah.

Jangan cuci motor saat mesin dalam kondisi panas. Menyemprotkan air ke seluruh mesin yang masih panas adalah bencana. Mengutip Wiki How, perubahan suhu secara tiba-tiba berisiko merusak mesin. Biarkan mesin dingin terlebih dahulu sebelum Anda mulai mencucinya.

  •      Gunakan standar tengah.

Saat mencuci motor, standar tengah sangat memberi kemudahan. Hampir seluruh bagian motor dapat dibersihkan. Namun standar samping juga mampu membantu saat ingin membersihkan bagian yang tidak terjangkau jika motor distandar tengah.

  •      Bilas dengan air bertekanan rendah.

Pada tahapan awal kendaraan harus dibilas terlebih dahulu dengan air, hal itu berguna untuk membersihkan debu-debu yang menempel juga kotoran-kotoran seperti pasir yang mengeras pada bagian body agar pada saat proses pencucian meminimalisir tergoresnya pada bagian body. 

  •       Gunakan kain berbeda.

Kegunaan dari kain lap yang berbeda tersebut adalah setiap masing-masing bagian motor lebih baik di lap dengan kain lap yang berbeda guna menjaga agar body motor tidak lecet.

  •       Gunakan sabun cuci khusus.

Penggunaan sabun cuci khusus itu diharus karena jika menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan penggunaannya, dikhawatirkan warna dari kendaraan memudar atau kusam.

  •      Bilas dan keringkan.
2. Mempersiapkan Tempat Usaha

Tempat yang efesien adalah salah satu bagian pendukung dari usaha, pilihlah tempat usaha yang strategis dan dapat dengan mudah terlihat atau dijangkau oleh target konsumen. Selain itu, buatkanlah ruang tunggu yang nyaman dan bersih untuk para customer. Anda juga bisa membuka usaha makanan atau minuman agar customer bisa menyantap makanan dan juga minuman sambil menunggu.

3. Merekrut karyawan yang kompeten.

Pemilihan karyawan yang kompeten bertujuan agar karyawan tersebut dapat melakukan apa yang dapat dimengerti dan dapat menjalankan tugasnya untuk menghasilkan keuntungan.

4. Persiapkan peralatan-peralatan sesuai kebutuhan usaha.

Nah, bagi anda yang saat ini ingin mencoba untuk membuka usaha cucian steam motor namun tidak tahu peralatan apa saja yang dibutuhkan, kami akan membantu kalian mengulas peralatan apa saja yang digunakan dan pastinya ditunjang dengan produk – produk yang berkualitas. Berikut peralatan dan produk-produk yang harus dimiliki untuk usaha cuci steam motor:

Alat utama yang harus dimiliki adalah Alat Steam Air / power sprayer, berfungsi untuk membantu proses pencucian motor atau mobil. Power sprayer ini merupakan alat semprot air yang bisa dipakai untuk membantu membersihkan kendaraan pada tahapan awal dan tahapan akhir pada pembilasan, namun pada proses pencucian juga memerlukan alat-alat pendukung, seperti :

  1. Tabung Snow Wash

Tabung Snow Wash adalah alat yang berfungsi menghasilkan busa salju agar lebih mengembang dan berlimpah. 

Tip top tabung snow wash, produk ini sangat cocok digunakan untuk usaha cuci steam motor dan mobil pribadi. memiliki 2 jenis kapasitas yaitu Tip top tabung 20L snow wash dan Tip top tabung 40L snow wash untuk daya tampung yang lebih besar.

Cara kerjanya adalah Tabung Snow Wash membutuhkan sumber daya tenaga angin yang berasal dari kompresor dan indikator isi (air).

Kompresor Yama YMD 1025 dirasa sangat tepat untuk usaha cuci steam motor anda. Kompressor angin dengan daya 1 Hp dengan Working Pressure 8 bar. Kompresor ini juga dilengkapi pressure switch yang berfungsi apabila tekanan udara di dalam tangki telah melebihi kapasitas maksimal, maka mesin penggerak akan mati secara otomatis. Dilengkapi juga katup pengaman (safety valve) yang akan terbuka bila terjadi overloading tekanan. selain digunakan untuk usaha cuci steam motor, Kompresor Yama dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, Jenis-jenis kompresor angin sesuai kebutuhan.

Agar Kompresor tahan lama dan awet, kami juga sudah memberikan informasi mengenai Cara Perawatan Kompresor Angin dan juga Tips Pemakaian Kompresor Angin Yang Benar.

  1. Snow Wash Shampoo

Untuk mencuci kendaraan sebaiknya menggunakan sabun atau shampoo khusus, jika memakai sabun atau shampoo yang tidak sesuai kebutuhannya maka akan merusak body motor dan akan membuat terlihat body motor terlihat kusam. Dengan  Tip Top Snow Shampoo dapat membersihkan tanpa harus membuat kusam warna body motor atau mobil, karena Tip Top Snow Shampo dapat membuat kendaraan bersih mengkilap seperti baru.

  1. Semir Ban

Beguna untuk melindungi warna ban tetap terjaga dan membuat warna ban hitam mengkilat seperti baru. Tip Top semir ban pilihan terbaik untuk menjaga warna ban mobil anda tetap awet.

Memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan adalah kunci sukses dari suatu usaha, pelanggan yang puas dengan hasil yang maksimal akan menaruh kepercayaan yang lebih kepada usaha kita .

Dari semua pemaparan diatas, semoga artikel ini sangat membantu untuk mengawali usaha cuci steam motor anda. kita ketemu besok lagi ya. Dengan tips-tips dan info yang lebih menarik.




Artikel populer